Kompas.com - 27/05/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Mobile Legends menjadi game e-sports yang paling banyak ditonton secara online di pesta olahraga se-Asia Tenggara, SEA Games 2021 yang digelar di Hanoi, Vietnam.

Menurut website yang biasa mencatat statistik kompetisi e-sports Escharts, game bikinan Moonton tersebut berhasil ditonton oleh 2,2 juta orang secara bersamaan (peak viewers), dengan jumlah jam yang ditonton (hours watched) mencapai 17,8 juta jam.

Angka ini melampaui game PUBG Mobile, Arena of Valor, Free Fire, hingga League of Legends (LoL) yang masing-masing memiliki peak viewers sekitar 900.000, 625.000, 217.000, dan 124.000 orang.

Baca juga: Timnas SEA Games Mobile Legends Indonesia Lolos ke Semifinal

Sementara itu, total hours watched dari keempat game tersebut masing-masing mencapai 7,3 juta, 3,8 juta, 990.000, dan 983.000 jam.

Kembali lagi ke statistik peak viewers, jumlah penonton yang menembus angka 2,2 juta orang tadi dikontribusi oleh pertandingan Grand Finals Mobile Legends SEA Games 2021.

Laga yang digelar pada Jumat (20/5/2022) lalu, mempertemukan timnas Indonesia dan Filipina.

Adapun pertandingan itu dimenangkan Filipina dengan skor 3-1, dan memaksa timnas Indonesia harus membawa pulang medali perak, sedangkan timnas Filipina mendapatkan medali emas SEA Games 2021.

Baca juga: Mengenal Xavier, Karakter Mobile Legends yang Jadi Rebutan di SEA Games 2021

Daftar lima pertandingan Mobile Legends yang paling populer di SEA Games 2021.Escharts.com Daftar lima pertandingan Mobile Legends yang paling populer di SEA Games 2021.

Menariknya, empat dari lima pertandingan Mobile Legends yang memiliki jumlah penonton terbanyak adalah laga yang mempertandingkan timnas Indonesia.

Di bawah Indonesia vs Filipina, ada laga Malaysia vs Indonesia (19 Mei), Indonesia vs Vietnam (18 Mei), dan Indonesia vs Singapura (18 Mei), yang secara berurutan memiliki total peak viewers 1,7 juta, 1,6 juta, dan 1,4 juta penonton, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Escharts.com, Jumat (27/5/2022).

 Baca juga: Timnas Mobile Legends Indonesia Sumbang Medali Perak di SEA Games 2021

Data ini menunjukkan penggemar Mobile Legends dari Indonesia sangat antusias untuk mendukung timnas Indonesia di gelaran SEA Games 2021.

Pada SEA Games 2021, timnas Indonesia untuk Mobile Legends terdiri dari para atlet yang berasal dari tiga tim e-sports kenamaan di Tanah Air, yaitu RRQ Hoshi, Onic Esports, dan Evos Legends.

Artinya, wajar saja apabila tiga kelompok penggemar (fanbase) dari tim-tim tersebut kompak mendukung timnas Indonesia di gelaran SEA Games 2021 kemarin.

Untuk melihat data selengkapnya mengenai statistik peak viewers dan hours watched di cabang olahraga (cabor) e-sports di gelaran SEA Games 2021, Anda bisa melihatnya di tautan berikut ini.

Baca juga: Timnas E-sports Mobile Legends Indonesia Lolos ke Babak Grand Final SEA Games 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Escharts
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.