Epic Games, Origin, dan Yahoo Tetap Diblokir, Belum Ada Tanda Mau Daftar PSE

Kompas.com - 01/08/2022, 12:45 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memblokir Yahoo, PayPal, Epic Games, Steam, Dota, Counter Strike, dan Origin pada Sabtu (30/7/2022) tepat pukul 00.00 WIB lalu.

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Dirjen Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan pemblokiran terhadap platform distribusi game Steam, serta game Dota, dan Counter Strike kemungkinan segera dicabut.

Pasalnya, ketiga platform digital yang berada di bawah naungan Valve Corporation itu saat ini disebut tengah memproses pendaftaran PSE. (Baca: Kabar Baik untuk Gamer, Steam, Dota, dan Counter Strike sedang Proses Daftar PSE Kominfo)

Lantas, bagaimana dengan platform distribusi Epic Games, Origin, dan situs Yahoo?

"Origin, Epic Games, dan Yahoo (belum ada korespondensi), kami masih membuka peluang dan berharap mereka bisa menjadi bagian dari pembangunan ekonomi dan ekosistem digital," ujar pria yang biasa disapa Semmy ini dalam konferensi pers, Minggu (31/7/2022) pagi kemarin.

Baca juga: Steam dan Epic Games Diblokir Kominfo, Game Populer Ini Tak Bisa Dimainkan

PayPal belum jelas juga, tapi blokirnya dicabut

Sama seperti Epic Games, Origin, dan Yahoo, Semmy juga menjelaskan bahwa layanan transfer dan penyimpanan uang asing PayPal juga belum memberikan korespondensi terkait pendaftaran PSE per Minggu kemarin.

Namun, ia menyebut bahwa pemblokiran terhadap PayPal saat ini dicabut untuk sementara waktu selama lima hari kerja hingga Jumat (5/8/2022). Hal ini dilakukan supaya pengguna PayPal asal Tanah Air bisa memindahkan uang atau saldo yang ada di dalamnya.

“Kami harapkan, ini kami buka (situs web Paypal) untuk memberi kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan migrasi. Migrasi supaya uang-uangnya tidak hilang karena memang sampai saat ini, kami tidak berhasil dan Paypal tidak melakukan kontak dengan kami,” jelas Semmy.

Belum bisa dipastikan kapan Origin, Epic Games, Yahoo, dan PayPal bakal melakukan pendaftaran PSE.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.