Tim Vietnam Diblokir dari Kompetisi PUBG Mobile gara-gara "Teaming", Apa Itu?

Kompas.com - Diperbarui 06/09/2022, 08:47 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Babak kualifikasi (Play-ins) kompetisi e-sports PUBG Mobile Pro League Southeast Asia (PMPL SEA) Fall 2022 selesai digelar pada 3-4 September 2022.

Dalam ajang tersebut, dua tim e-sports asal Thailand, yaitu Vampire Esports dan TEM Entertainment, serta satu tim Malaysia yakni Don't Break Dreams, berhasil lolos ke kompetisi utama PMPL SEA Fall 2022.

Meski secara keseluruhan berjalan dengan mulus, babak kualifikasi yang digelar selama dua hari tersebut ternyata dinodai dengan adanya kecurangan oleh dua tim dari Vietnam karena melakukan teaming di turnamen PUBG.

Hal itu disampaikan oleh Tim Official Esports PUBG Mobile melalui sejumlah akun resmi media sosial mereka, salah satunya adalah akun Instagram PUBG Mobile Esports Indonesia dengan handle @pubgmobile.esports.id.

Baca juga: PUBG Mobile Bakal Rilis Map Nusa, Terinspirasi Alam Indonesia

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PUBG MOBILE ESPORTS ID (@pubgmobile.esports.id)

Menurut penelusuran tim PUBG Mobile, dua tim e-sports asal Vietnam, yaitu 4ANIX (Phoenix Esports) dan ETP (Eighteen Plus Esports) terbukti melakukan kecurangan dengan metode "Teaming" tersebut.

Apa itu teaming PUBG?

Teaming sendiri merupakan metode kecurangan di mana dua pemain atau dua tim berbeda yang berasal dari satu negara, bekerja sama untuk mendapatkan keuntungan dalam turnamen.

Padahal, hal ini sangat haram dilakukan di ajang e-sports internasional, salah satunya dalam PUBG Mobile Pro League Southeast Asia (PMPL SEA) Fall 2022

Metode ini juga tercantum di buku peraturan PUBG Mobile Esports Official Competition Rulebook versi 1.2.1 (diperbarui 23 Juni 2021) yang bisa diakses di tautan berikut ini.

Jika mengacu pada pasal 6 "Code of Conduct" ayat 6.2 "Prohibited Conduct" bagian 6.2.1.A, terdapat aturan bahwa seorang pemain atau dua orang pemain di tim yang berbeda tidak boleh bekerja sama untuk mendapatkan keuntungan bagi salah satu tim.

"Pemain atau dua pemain dari tim yang berbeda harus bermain sportif sesuai dengan kemampuannya. Mereka juga dilarang kongkalikong dalam kompetisi dan turnamen resmi untuk memberikan keuntungan bagi salah satu pihak," tulis aturan tersebut.

Baca juga: Daftar Game yang Terdaftar di PSE Kominfo, Ada PUBG Mobile, Mobile Legends, hingga Free Fire

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.