Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Cabut Aturan Wajib Login untuk Lihat Twit

Kompas.com - 08/07/2023, 17:10 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada awal Juli ini, Twitter memberlakukan aturan baru. Warganet yang ingin melihat sebuah twit atau postingan, wajib mendaftar Twitter terlebih dahulu.

Dengan demikian, calon pengguna seolah-olah "dipaksa" untuk membuat akun Twitter apabila mereka belum memilikinya. Aturan ini pun jadi perbincangan hangat warganet.

Kini, Twitter tampaknya berubah pikiran. Perusahaan berlogo burung biru itu mencabut aturan wajib login tersebut.

Pantauan KompasTekno pada Jumat (7/7/2023), kicauan atau twit memang sudah bisa diakses kembali tanpa perlu login, asalkan memiliki tautan langsung untuk membuka twit tersebut.

Baca juga: Twitter Surati Zuckerberg, Desak Threads Stop Pakai Informasi Rahasia

Tampilan ketika membuka tautan cuitan di Twitter tanpa login akunKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Tampilan ketika membuka tautan cuitan di Twitter tanpa login akun
Saat mengeklik nama akun yang membuat postingan, kami juga bisa melihat jumlah orang yang diikuti akun tersebut, jumlah orang yang mengikuti (followers), dan jumlah orang yang berlangganan.

Setelah mengeklik nama akun, pengguna bisa melihat profil akun, tetapi tidak bisa melihat cuitan, media, balasan, dan lain-lain.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Setelah mengeklik nama akun, pengguna bisa melihat profil akun, tetapi tidak bisa melihat cuitan, media, balasan, dan lain-lain.
Twit tersebut pun bisa disematkan (embed) di platform perpesanan seperti Slack atau aplikasi Messages milik Apple. Pantauan kami, cuitan juga akan ditampilkan di aplikasi chat seperti Discord.

Kendati begitu, masih ada beberapa twit yang tidak dapat diakses pengunjung, apabila mereka belum membuat akun Twitter. Saat membuka beranda Twitter, pengguna akan disapa dengan jendela pop-up yang mengharuskan mereka untuk membuat akun atau login.

Selain itu, menu "Jelajahi" tidak bisa dibuka, dan menu tren pun akan terlihat kosong. Berikutnya, pengguna tidak bisa mengakses profil pengguna lain melalui tautan.

Ketika membuka profil dengan mengeklik nama akun pun, pengguna tidak bisa melihat twit, balasan, sorotan, media, ataupun postingan yang disukai akun itu. Begitu diklik, tulisan "Ada kesalahan teknis. Coba muat ulang." akan muncul.

Kembali bicara soal twit, pengguna tidak dapat melihat siapa yang me-retweet, mengutip (quote tweet), dan menyukai twit tersebut. Balasan (reply) cuitan pun tak bisa dilihat.

Pengguna tanpa akun Twitter tidak bisa melihat cuitan yang dibalas ataupun balasan yang mengikutinya, sehingga tidak akan mendapatkan konteks penuh dari pembicaraan.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Pengguna tanpa akun Twitter tidak bisa melihat cuitan yang dibalas ataupun balasan yang mengikutinya, sehingga tidak akan mendapatkan konteks penuh dari pembicaraan.
Jika cuitan yang diakses merupakan suatu reply untuk twit yang lain, pengguna hanya dapat melihat reply tersebut, bukan pesan sebelumnya maupun pesan sesudahnya. Sehingga, pengguna tidak mendapatkan konteks penuh dari sebuah percakapan.

Diblokir sejak pekan kemarin

Diwartakan sebelumnya, Twitter mulai memblokir pengguna tanpa akun sejak Jumat (30/6/2023) kemarin. Menurut pemilik Twitter, Elon Musk, keputusan ini diambil untuk menyetop pengikisan web (web scraping) yang mengambil data dari situs Twitter.

Langkah Twitter untuk menghentikan web scraping tidak berhenti sampai di situ saja. Pada Minggu (2/7/2023), Twitter mulai membatasi jumlah cuitan yang bisa dibaca oleh pengguna.

Pelanggan layanan Twitter Blue bisa membaca twit sebanyak 6.000 cuitan setiap harinya, sedangkan pengguna reguler hanya 600 twit setiap hari.

Sementara itu, pengguna baru yang tidak berlangganan Twitter Blue hanya bisa membaca 300 postingan setiap harinya.

Baca juga: Sama-sama Mikroblog, Ini Beda Threads dengan Twitter

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com