Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Platform Distribusi Game Steam Diblokir di Vietnam

Kompas.com - 14/05/2024, 14:32 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Vietnam dikabarkan memblokir platform distribusi game populer milik Valve, Steam, sejak pekan lalu.

Laporan ini kemudian ramai dan mencuat di forum resmi Steam Community. Bahkan berbagai laporan tersebut mengalir dalam sebuah utas.

Dalam forum tersebut, sejumlah pengguna di Vietnam menyampaikan bahwa mereka tidak bisa membuka Steam (web, aplikasi PC, dan smartphone) menggunakan penyedia layanan internet manapun. 

Benar saja, pantauan KompasTekno pada Selasa (14/5/2024), situs web Steam tidak bisa kami akses ketika kami menggunakan koneksi internet virtual (virtual private network/VPN) dari Vietnam.

Baca juga: Game Lokal Coral Island Masuk Daftar 100 Game Populer Steam Deck

Pada saat kami akses, situs web Steam hanya menampilkan informasi "This site can't be reached" yang artinya website tidak bisa diakses.

Ini berarti, pengguna Vietnam yang ingin mengakses dan memainkan game-game yang ada di Steam harus mengelabui (bypass) blokir Steam menggunakan VPN dari negara lain yang tidak memblokir Steam.

Website Steam yang tidak bisa diakses ketika menggunakan VPN Vietnam.Kompas.com/BILL CLINTEN Website Steam yang tidak bisa diakses ketika menggunakan VPN Vietnam.

Belum ada penjelasan mengapa Steam tidak bisa diakses di Vietnam. Sebab, pemerintah Vietnam belum mengumbar hal-hal yang berkaitan dengan pemblokiran Steam ini.

Namun menurut laporan GameDeveloper yang mengutip salah satu pengembang (developer) game lokal, pemblokiran Steam terjadi karena bisnis operasional Steam di Vietnam yang dianggap ilegal. 

Disebut ilegal karena Steam dianggap sangat bebas merilis game apapun di Vietnam, yang tentunya dibuat oleh developer asing di luar Vietnam, dengan bebas melalui platformnya tanpa seizin pemerintah lokal.

Di sisi lain, developer lokal tidak mendapatkan perlakuan yang sama dari Valve, lantaran persyaratan Valve yang dianggap cukup ketat untuk memasukkan game buatan developer Vietnam. 

Baca juga: Steam Families Meluncur, Cara Baru Berbagi Game dengan Keluarga

Hal ini dianggap tidak adil untuk developer lokal, sehingga mereka protes dan meminta pemerintah untuk melakukan langkah pemblokiran terhadap Steam, yang tampaknya masih efektif ketika berita ini ditulis.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GameDeveloper, Selasa (14/5/2024), pihak Steam, begitu juga pemerintah Vietnam, tampaknya belum memberikan informasi atau pernyataan resmi mengapa platform Steam diblokir di sana. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com