Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Status WhatsApp Kini Bisa "Upload" Video hingga 1 Menit

Kompas.com - 29/05/2024, 07:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Video di status WhatsApp (WA) akhirnya berdurasi lebih panjang.

Lewat channel (saluran) resminya, WhatsApp mengumumkan bahwa pengguna kini bisa berbagi video di status WA berdurasi hingga 60 detik (1 menit). Durasi ini lebih panjang dua kali lipat dari sebelumnya 30 detik.

"Gandakan waktu untuk mengekspresikan diri, dengan lebih banyak ruang untuk berbagi hal yang penting," tulis WhatsApp di channel WA.

Sekarang, ketika pengguna mengunggah video berdurasi lebih dari 1 menit, WhatsApp akan otomatis memilih klip dari 60 detik pertama. Pengguna bisa menggeser bilah trim video ke momen pilihannya, dengan durasi maksimal tetap 1 menit.

Baca juga: Cara Membuat Nada Dering WhatsApp Sebut Nama Sendiri, Mudah dan Praktis

Dengan begitu, durasi video di status WA kini setara dengan Instagram Stories. Di samping durasi, tampilan status WA kini juga dibuat sama dengan IG Stories, yakni disusun berjejer ke samping.

Kehadiran durasi video status WA yang lebih panjang ini sebelumnya lebih dulu di-spill oleh WABetaInfo pada Maret lalu. WABetaInfo ini adalah situs yang kerap membocorkan fitur baru di WhatsApp.

Durasi video status WA kini lebih panjang hingga maksimal 60 detik.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Durasi video status WA kini lebih panjang hingga maksimal 60 detik.
Tak hanya status WA, pengguna kini juga bisa membuat status pesan suara (voice status) dengan durasi lebih panjang maksimal 1 menit. Sebelumnya, pengguna hanya bisa membuat status pesan suara hingga 30 detik.

Jika belum familier, WhatsApp Status sendiri adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengunggah berbagai konten, termasuk foto, video, dan pesan suara. Fitur ini mirip seperti Instagram Stories (IG Stories) karena konten yang diunggah akan hilang dalam 24 jam.

Pantauan KompasTekno, Rabu (29/5/2024), fitur status pesan suara dan video yang lebih panjang ini sudah tersedia di WhatsApp di ponsel Android kami, tepatnya versi 2.24.10.85.

Baca juga: Pengguna WhatsApp Kini Bisa Bikin Pesan Suara di Status WA Lebih Panjang

Siapkan fitur lain

WhatsApp dilaporkan sedang menyiapkan fitur baru lainnya. Misalnya, fitur transkrip pesan suara untuk pengguna Android. Fitur ini sebenarnya sudah tersedia di WA versi iOS sejak Mei 2023, tetapi bakal diperluas ke pengguna Android.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengubah pesan suara menjadi teks. Pengguna bisa mengetahui isi pesan suara tanpa perlu memutarnya terlebih dahulu. Dengan begitu, pengguna yang sedang sibuk atau dalam kondisi bising yang tidak bisa mendengar pesan suara akan lebih dipermudah.

WhatsApp juga dilaporkan tengah menyiapkan fitur bernama "Create AI Profile Picture". Fitur ini merupakan generator gambar profil AI untuk profil WhatsApp.

Dengan menggunakan AI, fitur "Create AI Profile Picture" memungkinkan pengguna membuat foto profil dari deskripsi teks. Nanti, AI akan menyulap deskripsi tersebut menjadi gambar, yang kemudian bisa dijadikan foto profil WA.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Bikin Foto Profil dengan AI?

WhatsApp juga bakal memungkinkan pengguna menelepon pengguna lain, meskipun kontaknya tidak disimpan di ponsel. Fitur baru WhatsApp itu masih dalam tahap pengembangan, tetapi kemunculannya sudah terlihat lewat pembaruan WhatsApp beta Android versi 2.24.9.28.

Menurut tangkapan gambar yang dibagikan WABetaInfo, WhatsApp menyediakan dialer alias papan tombol panggilan. Tampilannya mirip seperti dialer yang ada di ponsel, terdiri dari digit angka disertai abjad serta tombol telepon.

Lewat fitur itu, pengguna bisa mengetikkan nomor kontak yang belum tersimpan tetapi terdaftar di WhatsApp, untuk melakukan panggilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com