Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Playables Resmi Meluncur, Bisa Main Game Gratis Langsung dari Aplikasi

Kompas.com - 29/05/2024, 10:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah diuji coba ke sejumlah pengguna sejak pertengahan tahun lalu, YouTube akhirnya resmi merilis fitur bernama Playables ke seluruh pengguna secara global pekan ini. 

Playables memungkinkan pengguna bermain game di dalam aplikasi Android dan iOS atau website YouTube secara gratis. Fitur ini akan bisa ditemui di laman Explore dengan mengeklik menu "Playables". 

Lewat Playables, YouTube mengeklaim pengguna akan dapat memainkan lebih dari 75 game secara cuma-cuma tanpa harus memasang (install) game tersebut.

Baca juga: YouTube Mulai Gulirkan “Playables”, Pusat Game untuk Pengguna Premium

Nah, seluruh game yang ada di Playables tersebut bisa dibilang merupakan game "kecil" alias game yang memiliki mekanisme bermain sederhana. Game-game ini juga bisa diselesaikan dalam waktu yang cukup singkat.

Beberapa game yang ada di Playables meliputi Angry Birds Showdown, Words of Wonders, Cut the Rope, Tomb of the Mask, Trivia Crack, Chess Classic, Farm Land, 8 Ball Billiards Classic, Alien Shooter, Brain Out, dan masih banyak lagi.

Kembali ke menu Playables tadi, di menu tersebut, pengguna bisa mengakses dua tab yang tersedia.

Salah satunya adalah tab "Home" untuk melihat game-game populer yang direkomendasikan, yang dimainkan oleh teman, atau yang telah dimainkan oleh pengguna sebelumnya.

Tampilan menu Playables di aplikasi YouTube. Terdapat dua tabs, yaitu Home dan Browse. Setiap aplikasi dapat langsung dimainkan di dalam aplikasi/web, setelah mengeklik tombol Start GameDroid Life Tampilan menu Playables di aplikasi YouTube. Terdapat dua tabs, yaitu Home dan Browse. Setiap aplikasi dapat langsung dimainkan di dalam aplikasi/web, setelah mengeklik tombol Start Game

Kemudian ada tab "Browse" yang bisa dikunjungi untuk melihat game-game apa saja yang ada di YouTube Playables.

Baca juga: YouTube Music Bisa Cari Lagu dengan Bersenandung, Begini Caranya

Di sini, pengguna juga bisa mengajak pengguna YouTube lainnya untuk bermain game-game yang ada di Playables dengan mengeklik tombol "Share". Tombol ini bisa diakses di menu "tiga titik" yang terletak di bagian kanan bawah tiap game.

Untuk memainkan game di YouTube Playables, pengguna bisa langsung mengeklik game yang ingin dimainkan atau menekan tombol "Start game" di tab Home atau Browse tadi.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BlogYouTube, Rabu (29/5/2024), fitur Playables di YouTube ini sudah bisa dinikmati pengguna di seluruh dunia melalui menu Playables di menu Explore YouTube mulai hari ini. 

Fitur ini bisa dinikmati, baik pengguna Premium maupun gratisan. Berdasarkan pantauan KompasTekno, Rabu (29/5/2024), fitur ini belum muncul di beranda YouTube pengguna Indonesia.

Agaknya, pengguna di Indonesia harus bersabar sedikit. Sebab, fitur-fitur baru di YouTube biasanya memang disebarkan secara bertahap dalam beberapa hari atau minggu ke depan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com