Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ARM Sesumbar Akan Ambil Setengah Pasar PC Windows

Kompas.com - 06/06/2024, 17:02 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rene Haas, CEO ARM Holdings, perusahaan teknologi perancang chip asal Inggris, berambisi menguasai lebih dari 50 persen pasaran PC Windows dalam lima tahun ke depan.

Hal tersebut disampaikan oleh Haas pada awal pekan ini, ketika raksasa teknologi Microsoft dan para mitra perangkat kerasnya sedang bersiap untuk meluncurkan komputer terbaru yang berbasis teknologi ARM.

"Pangsa pasar ARM di Windows, saya pikir, sungguh, dalam lima tahun ke depan, bisa lebih baik dari 50 persen," ujar CEO Rene Haas kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

Microsoft sendiri kabarnya mendukung upaya ARM untuk merebut pangsa pasar chip PC Windows yang saat ini sebagian besarnya masih menggunakan teknologi berbasis arsitektur x86 milik pabrikan chip AMD dan Intel, meski keduanya masih bermitra dengan Microsoft.

Baca juga: Acer Umumkan Swift 14 AI, Laptop Copilot PC Plus Perdana

Pembuat sistem operasi (OS) Windows itu disebut membangun serangkaian alat pengembangan perangkat lunak agar aneka software berjalan di chip berbasis arsitektur ARM.

"Mereka (Microsoft) telah melangkah lebih jauh dari apa pun yang mereka miliki (dalam hal alat pengembang) dan mereka benar-benar meningkatkannya dalam beberapa tahun terakhir, mereka sangat, sangat berkomitmen dari aspek software." Kata Haas.

Tak mau ketinggalan dari Apple

Meningkatnya permintaan chip ARM di PC terjadi setelah Microsoft bulan lalu mengumumkan proyek ambisius untuk menghadirkan PC model baru dengan fitur kecerdasan buatan (AI) untuk bersaing dengan perusahaan teknologi, seperti Alphabet dan Apple Inc.

Microsoft dan para vendor hardware lainnya disebut tak mau ketinggalan dari Apple, yang telah lebih dulu sukses dengan chip “Seri M”. Chip yang hemat baterai tapi kencang ini juga menggunakan arsitektur ARM.

Baca juga: Nvidia dan AMD Juga Bikin Chip ARM untuk Windows, Intel Terancam

Pabrikan chip seperti Qualcomm Inc  sudah merancang chip berbasis ARM unutk Windows, Haas mengatakan sejumlah vendor lain akan segera menyusul.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ExtremeTech, Kamis (6/6/2024),  MediaTek dan  Nvidia turut dilaporkan tengah mengerjakan chip dengan menggunakan arsitektur berbasis ARM untuk PC Windows,

Kabarnya, sejumlah pabrikan PC seperti Asustek Computer Inc dan Dell Technologies Inc pun kini menjalin kesepakatan dengan Microsoft guna menjual perangkatnya yang ditenagai chip berbasis ARM.

Dalam keynote yang disampaikan pada acara Computex di Taipei, Taiwan, yang berlangsung pekan ini, Haas memperkirakan akan ada sekitar 100 miliar perangkat dengan chip ARM di seluruh dunia yang siap untuk AI pada akhir tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com