Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Mac, iMac, dan MacBook yang Kebagian MacOS Sequoia

Kompas.com - 11/06/2024, 16:43 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Apple

KOMPAS.com - Apple resmi mengumumkan kehadiran sistem operasi (OS) terbaru untuk aneka komputer Mac yang bernama MacOS Sequoia (MacOS 15) di ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2024 yang digelar pekan ini.

MacOS Sequoia membawa sejumlah peningkatan kinerja dan fitur, terutama di aspek kecerdasan buatan (artificial inteligence/AI). Fitur AI di MacOS 15 yang dijuluki Apple Inteligence akan hadir dan mendukung sejumlah aplikasi bawaan Apple, seperti Safari, Notes, Mail, Calendar, Siri, dan masih banyak lagi.

Nah, karena fitur AI merupakan fitur baru yang membutuhkan hardware mumpuni, beberapa perangkat Mac yang sebelumnya mendukung MacOS Sonoma (MacOS 14) kini tak lagi mendukung MacOS versi terbaru.

Beberapa di antaranya adalah MacBook Air keluaran 2019 ke bawah, iMac 2018 ke bawah, serta MacBook Pro keluaran 2017 ke bawah.

Baca juga: Apple Rilis Apple Intelligence, AI Generatif untuk iPhone, iPad, dan Mac

Jika diteliti lebih lanjut, Apple tampaknya ingin pengguna beralih dari perangkat Mac "berotak" Intel ke Mac yang menggunakan chip buatan mereka sendiri, Apple M-Series.

Chip buatan Apple ini, yang diawali dengan M1, diluncurkan pertama kali pada 2020 lalu. Sehingga, perangkat Mac keluaran 2019 ke bawah tentunya menggunakan chip buatan pihak ketiga, terutama chip Intel. 

Keinginan Apple supaya pengguna memakai perangkat Mac terbaru juga bisa dibilang wajar. Sebab, fitur-fitur AI memang membutuhkan sejumlah hardware, terutama chip yang terbaru dan mumpuni yang bisa menangani kinerja dan pemrosesan AI.

Dengan begitu, beragam fitur AI di MacOS Sequoia bisa berfungsi dengan lancar sebagaimana mestinya di perangkat Mac yang menjalankannya. 

Lantas, perangkat Mac apa saja yang mendukung dan bisa menjalankan MacOS Sequoia atau MacOS 15? Perangkat Mac yang mendukung MacOS versi terbaru tersebut bisa dilihat dalam daftar berikut ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Apple.com, Selasa (11/6/2024).

Baca juga: Apple Rilis Aplikasi Passwords, Masuk ke Akun Online Jadi Lebih Gampang

Daftar Mac yang kompatibel dengan MacOS Sequoia

  • 2019 iMac atau lebih baru
  • 2017 iMac Pro atau lebih baru
  • 2020 MacBook Air atau lebih baru
  • 2018 MacBook Pro atau lebih baru
  • 2019 Mac Pro atau lebih baru
  • 2018 Mac mini atau lebih baru
  • 2022 Mac Studio atau lebih baru

Fitur MacOS Sequoia

Ilustrasi MacOS 15.MacRumors Ilustrasi MacOS 15.

MacOS Sequoia membawa sejumlah peningkatan. Setidaknya, ada enam fitur utama yang disorot Apple saat peluncurannya.

Keenam fitur tersebut terdiri dari iPhone Mirroring (Continuity), Windows Tilling (manajemen jendela di layar Mac), video konferensi di FaceTime dan Zoom yang ditingkatkan, aplikasi Passwords baru, fitur produktivitas baru di peramban Safari, dan pengalaman bermain game yang lebih imersif di Mac.

Fitur iPhone Mirroring memungkinkan sejumlah perangkat Apple bisa saling terhubung, khususnya Mac dan iPhone. Dengan begitu, pengguna bisa mengoperasikan iPhone dari jarak jauh menggunakan Mac.

Baca juga: Apple Rilis MacOS Sequoia, Bawa Fitur iPhone Mirroring dan Gaming

Kemudian, ada Windows Tilling yang memungkinkan pengguna mengelola jendela layar yang sedang dibuka dengan lebih mudah dan rapi dibanding sebelumnya.

Apple juga meningkatkan pengalaman pengguna saat melakukan telekonferensi video di FaceTime dan Zoom. Saat ingin berbagi layar (share screen), pengguna bisa melihat preview (pratinjau) dari layar yang akan dibagikan, sebelum benar-benar dilihat oleh pengguna lain.
Selain itu, Apple juga membawa aplikasi Password ke MacOS Sequoia.

Password memungkinkan pengguna bisa lebih leluasa mengakses seluruh kata sandi yang tersimpan di KeyChain. Fitur MacOS selengkapnya bisa disimak di artikel berikut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com