Kompas.com - 11/09/2020, 12:04 WIB
Logo PUBG PUBGLogo PUBG

KOMPAS.com - Game populer besutan Tencent, PUBG Mobile, kian gencar meraup pemasukan. Lembaga riset Sensor Tower menyebutkan bahwa PUBG Mobile berhasil meraih pendapatan sebanyak 3,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 52,3 triliun.

Angka tersebut merupakan akumulasi dari pendapatan game PUBG Mobile dan game "kembarannya" di China, Game for Peace, terhitung sejak waktu pertama perilisan game hingga Juli 2020.

PUBG Mobile memang dikenal sebagai salah satu game mobile terpopuler. Tercatat dalam kurun waktu 72 hari terakhir saja, game battle royale ini sukses mendulang untung hingga 500 juta dollar AS (Rp 7,4 triliun).

Baca juga: PUBG Mobile Versi 1.0 Dirilis, Tampilan dan Peta Erangel Dirombak

Alhasil,  Sensor Tower pun menyebut PUBG Mobile sebagai game mobile "paling menguntungkan di dunia", meskipun di tengah persaingan dengan game sejenis seperti Fortnite dan Call of Duty Mobile.

Berdasarkan laporan sebelumnya dari Sensor Tower, sepanjang tahun ini, selama periode 1 Januari hingga 13 Agustus 2020, PUBG Mobile duduk di puncak daftar game battle royale berpenghasilan terbesar, dengan pendapatan 1,6 miliar dollar AS (sekitar Rp 23,9 triliun).

Grafik lima game battle royale berpenghasilan terbesar dari 1 Januari 2020 hingga 13 Agustus 2020, dari firma riset SensorTowerSensorTower Grafik lima game battle royale berpenghasilan terbesar dari 1 Januari 2020 hingga 13 Agustus 2020, dari firma riset SensorTower

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di bawah PUBG Mobile, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Sensor Tower, Kamis (10/9/2020), game battle royale Garena, Free Fire, menduduki peringkat kedua dengan total pendapatan mencapai Rp 395 juta dollar AS (Rp 5,8 triliun).

Knives Out berhasil bertengger di posisi ketiga dengan pendapatan 367 juta dollar (Rp 5,4 triliun), disusul Fortnite dan Call of Duty Mobile yang harus puas menempati peringkat keempat dan kelima.

Angka-angka tersebut diperoleh sebelum Fortnite dihapus dari toko aplikasi Apple dan Google karena konflik dengan kedua perusahaan. Karena itu, boleh jadi pendapatan PUBG Mobile -dan judul-judul game lain- bakal membengkak lebih besar hingga akhir tahun.

Baca juga: India Blokir 118 Aplikasi Buatan China, Termasuk PUBG

Hingga saat ini, PUBG Mobile telah mengumpulkan angka download sebanyak 770 juta. Sebagai negara dengan pemain PUBG Mobile terbanyak, India menyumbang 185,5 juta unduhan atau sekitar 24 persen.

Namun, India hanya menyumbang 1,2 persen dari total pendapatan PUBG Mobile, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Sensor Tower, Jumat (11/9/2020). Belakangan game ini juga diblokir di sana karena persoalan konflik dengan China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.