Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 13 Tidak Punya Konektor Sama Sekali?

Kompas.com - 30/11/2020, 15:35 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Mulai iPhone 7 pada 2016, Apple tak lagi menyertakan jack audio di ponsel buatannya. Kini muncul kabar bahwa konektor Lightning akan ikut dilenyapkan.

Informasi tersebut berasal dari pembocor gadget kenamaan, Jon Prosser, yang mengatakan bahwa jajaran iPhone 13 tahun depan bakal tidak memiliki konektor sama sekali alias portless.

Alasannya berkaitan dengan teknologi wireless charging MagSafe yang diperkenalkan pada seri iPhone 12. Dengan MagSafe, kabel dan konektor pun tak lagi diperlukan unutk keperluan mengisi baterai.

Baca juga: iPhone 12 Dijual di Indonesia 18 Desember?

"Sejak MagSafe diperkenalkan, banyak orang berspekulasi bahwa kemungkinan iPhone 13 atau iPhone berikutnya akan hadir tanpa port," kata Prosser sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Hypebeast, Senin (30/11/2020).

"Jawabannya bisa jadi "iya" atau "tidak". Mungkin tidak semua model iPhone selanjutnya akan demikian, namun tahun depan diperkirakan bahwa salah satunya (iPhone) tidak akan memiliki port," lanjutnya.

Apabila prediksi ini benar adanya, maka agaknya pembeli akan "dipaksa" untuk membeli charger secara terpisah. Sebab, mulai iPhone 12 Apple tidak lagi menyertakan charger di kemasan penjualan iPhone.

Kalau nanti iPhone 13 benar-benar tidak memiliki port, perangkat ini pun hanya akan bisa diisi baterainya secara wireless. Pengguna tak dapat memanfaatkan charger USB yang sudah dimiliki.

Baca juga: iPhone 12 Dijual Tanpa Charger dan Earphone, Ini Penjelasan Apple

Apple berdalih charger dihilangkan untuk mengurangi sampah elektronik, selain mengecilkan ukuran kemasan. Namun, harga jajaran iPhone 12 tetap dipatok sama seperti sebelumnya walaupun datang tanpa charger.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Hypebeast


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com