3 Cara untuk Hapus Aplikasi di Ponsel Android

Kompas.com - 19/07/2021, 12:20 WIB
Ilustrasi aplikasi Instagram, YouTube, Netflix, Twitter, WhatsApp, Telegram di Android. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi aplikasi Instagram, YouTube, Netflix, Twitter, WhatsApp, Telegram di Android.

KOMPAS.com - Di ponsel Android, pengguna bisa dengan mudah memasang (install) beragam aplikasi seluler melalui toko aplikasi Google Play Store atau file APK.

Namun, ada kalanya pengguna harus menghapus aplikasi yang sudah di-install, entah dengan alasan untuk memperluas kapasitas memori atau sekadar ingin menghapus (uninstall) aplikasi itu karena jarang digunakan.

Baca juga: Instal Game di Android 12 Bakal Ada Tanda Petir, Ini Artinya

Proses penghapusan aplikasi ini berlangsung sama mudahnya dengan pemasangan. KompasTekno merangkum tiga cara yang bisa dilakukan untuk uninstall aplikasi di HP Android.

1. Uninstall aplikasi Android lewat Settings

Cara Uninstall Aplikasi di HP Android melalui Settings.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara Uninstall Aplikasi di HP Android melalui Settings.

Cara pertama ialah adalah menghapus aplikasi Android melalui menu Settings di ponsel. Berikut langkah-langkahnya

  • Buka Settings
  • Pilih aplikasi (Apps). Penamaan menu ini bisa berbeda-beda bergantung dari jenis merek ponsel. Misalnya di ponsel Realme, pengaturan aplikasi ada di opsi "App management" > "App list".
  • Sedangkan di ponsel Redmi, pengaturan aplikasi bisa langsung ditemukan di opsi "Apps" > "Manage apps".
  • Sementara di ponsel Samsung, pengguna hanya perlu mengeklik opsi "Apps".
  • Lalu, pilih aplikasi yang ingin di-uninstall
  • Klik uninstall

2. Uninstall aplikasi Android lewat home screen

Cara uninstall aplikasi di ponsel Redmi melalui home screen.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara uninstall aplikasi di ponsel Redmi melalui home screen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengguna sebenarnya tak perlu repot masuk ke menu Settings untuk menghapus aplikasi. Ini juga bisa dilakukan secara langsung dari home screen.

Caranya, pengguna hanya perlu mengetuk dan menekan (tap & hold) ikon aplikasi yang ingin di-uninstall. Nantinya akan muncul jendela pop-up yang memperlihatkan opsi "Uninstall".

Jangan keliru antara opsi "Remove" yang hanya akan menghapus ikon shortcut dari home screen dan "Uninstall" yang akan menghapus keseluruhan aplikasi berikut pintasannya.

Baca juga: Google Play Tidak Lagi Mendukung Ponsel Android Jelly Bean

Di antarmuka (UI) ponsel Realme dan Samsung, pengguna bisa langsung menemukan opsi uninstall pada ikon aplikasi di home screen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.