Cara Mudah untuk Ganti Keyboard di Ponsel Android

Kompas.com - 19/07/2021, 15:45 WIB
Ilustrasi keyboard di ponsel Android ShutterstockIlustrasi keyboard di ponsel Android

KOMPAS.com - Secara default, setiap merek ponsel Android sudah dibekali dengan aplikasi keyboard virtual. Contohnya, ponsel garapan Samsung sudah dibekali dengan aplikasi bawaan Samsung Keyboard.

Meski demikian, pengguna Android memiliki keleluasaan untuk mengganti pilihan keyboard di ponsel dengan aplikasi lain yang bisa ditemukan di toko Google Play Store.

Ada beberapa aplikasi keyboard populer yang tersedia, misalnya seperti Gboard, SwiftKey, Go Keyboard, Facemoji, hingga Grammarly. Masing-masing memiliki ciri khas dan desainnya sendiri yang mungkin akan Anda sukai.

Baca juga: Daftar Shortcut Keyboard Chrome di Windows untuk Browsing Lebih Cepat

Biasanya, penampilan aplikasi keyboard juga bisa diubah-ubah dengan menerapkan warna atau tema yang dikehendaki, sehingga makin personal.

Nah, bagaimana cara mengganti keyboard bawaan di Android dengan aplikasi keyboard lain? Ternyata mudah saja, Anda tinggal ikuti langkah-langkah di bawah. Sebagai contoh, KompasTekno menggunakan aplikasi SwiftKey Keyboard di ponsel Samsung Galaxy M62,

Cara mengganti keyboard di ponsel Android

Langkah-langkah mengganti keyboard di ponsel Samsung Galaxy M62.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Langkah-langkah mengganti keyboard di ponsel Samsung Galaxy M62.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Anda harus mengunduh aplikasi keyboard yang diinginkan terlebih dahulu, misalnya Gboard lewat link ini, SwitKey lewat tautan berikut, dan Grammarly di sini.
  • Setelah aplikasi keyboard terpasang, buka menu Settings di ponsel.
  • Temukan pengaturan keyboard untuk mengaktifkan aplikasi keyboard yang baru di-install.
  • Opsi ini bisa berbeda-beda bergantung merek ponsel Android. Di ponsel Samsung Galaxy M62 sendiri, pengaturan keyboard ada di Settings > General management > Keyboard list and default.
  • Untuk ponsel Xiaomi, pengguna bisa mengaktifkan keyboard di Settings > Additional Settings > Languages & input > Manage keyboards.
  • Untuk ponsel Realme, pengaturan keyboard ada di Settings > Additional Settings > Keyboard & input method > Manage keyboards.
  • Atau bila tak mau repot, pengguna bisa langsung memasukkan kata kunci "keyboard" di pencarian settings.
  • Jadikan aplikasi keyboard yang Anda inginkan sebagai pilihan default. Caranya, klik opsi "Default keyboard" lalu pilih nama keyboard yang dikehendaki. 
  • Pengguna ponsel Redmi dan Realme, bisa klik "Current keyboard", lalu pilih nama keyboard.
  • Aplikasi keyboard yang dipasang bisa lebih dari satu. Anda tinggal memilih saja mana yang akan digunakan.
  • Dengan begitu, aplikasi keyboard tadi akan menjadi pilihan default yang akan dimunculkan setiap kali pengguna ingin mengetik, menyalin, menempel teks, emoji, GIF, dan sebagainya di berbagai aplikasi.

Cara ganti keyboard lewat opsi cepat

Cara mengganti keyboard di ponsel Realme, dengan opsi cepat.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara mengganti keyboard di ponsel Realme, dengan opsi cepat.

Menurut pantauan KompasTekno, ponsel Realme dan Samsung keluaran baru juga menyediakan opsi cepat untuk beralih dari satu aplikasi keyboard ke aplikasi keyboard lainnya yang sudah diaktifkan sebelumnya, tanpa perlu membuka menu Settings.

Baca juga: Keyboard Gboard Mulai Pakai Desain Material You, Begini Tampilannya

Caranya, pertama-tama buka aplikasi yang memungkinkan panel keyboard muncul, misalnya seperti Notes. Lalu klik ikon keyboard di pojok kanan bawah pada panel keyboard. Setelah itu, pengguna tinggal pilih aplikasi keyboard mana yang ingin digunakan.

Perlu diperhatikan, daftar aplikasi keyboard yang muncul di opsi cepat ini hanyalah aplikasi keyboard yang sudah diaktifkan melalui menu Settings.

Jadi bila pengguna memasang aplikasi keyboard baru, pengguna perlu mengulangi langkah-langkah seperti dijabarkan di bagian sebelumnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X