File APK Pensiun dan Digantikan AAB, Ini Bedanya dan Keuntungan untuk Pengguna

Kompas.com - 01/08/2021, 16:17 WIB
Ilustrasi sistem operasi Android 12 ZDNet.comIlustrasi sistem operasi Android 12

KOMPAS.com - Mulai 1 Agustus 2021, format file Android Package atau Android Package Kit alias APK (.apk) akan pensiun. Android akan menggantinya dengan format file baru yakni Android App Bundle atau disingkat AAB (.aab).

Format file ini sudah diumumkan Google, selaku induk Android sejak tahun 2018 lalu dalam acara Google I/O 2018.

Itu artinya, per 1 Agustus nanti, Android mewajibkan semua aplikasi baru didistribusikan dengan format AAB, menggantikan format APK sebagai format distribusi standa

Selain nama, format file APK dan AAB memiliki sejumlah perbedaan lain. Salah satu yang menjadi perhatian adalah ukuran file AAB yang lebih kecil sehingga bisa lebih cepat diunduh dan tidak memenuhi ruang penyimpanan.

Berikut beberapa perbedaan antara format file APK dan AAB, sebagaimana KompasTekno rangkum dari App My Site, Minggu (1/8/2021).

Baca juga: 8 Aplikasi Android di Play Store Terjangkit Malware Joker, Segera Hapus dari Ponsel Anda

Bagi pengguna

Sementara dari sisi pengguna, keuntungan utama format file AAB adalah aplikasi yang berukuran lebih kecil dibanding file format APK.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Product Manager Google Play, Dom Elliot mengklaim bahwa ukuran file AAB 15 persen lebih kecil dibanding file APK. Ukuran file yang kecil memungkinkan aplikasi lebih cepat untuk diunduh.

Dengan ukuran file aplikasi yang lebih minimalis, konsumsi ruang penyimpanan juga lebih hemat. Terlebih, file AAB hanya akan mengunduh dan menginstal sumber daya fitur Dynamic Feature dan aset file jika diperlukan saja.

Jika tidak diperlukan, sumber daya fitur Dynamic Feature file AAB akan tersimpan di Google Play. Hal ini berbeda dengan file APK, di mana semua sumber daya Dynamic Feature dan asetnya tersimpan di dalam file yang diunduh. Sehingga, memori internal yang digunakan akan lebih besar setelah aplikasi diinstal.

Ukuran file yang kecil membuat risiko aplikasi berhenti bekerja semakin kecil pula. Sebaliknya, ukuran file yang besar membuat risiko aplikasi berhenti juga sama besar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.