Menutup Aplikasi di iPhone untuk Menghemat Baterai, Jangan Lakukan Lagi

Kompas.com - 29/12/2021, 13:11 WIB
Apple iPhone X CNETApple iPhone X

KOMPAS.com - Pengguna selama ini disarankan untuk menutup aplikasi yang sedang tidak digunakan untuk menghemat daya baterai iPhone.

Saran ini berdasarkan anggapan bahwa apabila aplikasi yang tidak ditutup atau hanya di-minimize (diperkecil atau disimpan di latar belakang) sebenarnya masih berjalan.

Pemrosesan yang masih berjalan di aplikasi yang di-minimize dinilai dapat mengonsumsi daya. Sehingga, jika aplikasi itu tidak ditutup akan dapat mengkonsumsi daya terus menerus. Akibatnya, Anda akan kehabisan daya baterai dengan cepat.

Apakah benar demikian? Benj Edward, seorang pengamat teknologi dan gadget kawakan, membantah asumsi tersebut.

Ia justru mengatakan yang sebaliknya, bahwa menutup aplikasi justru dapat membuat performa iPhone menurun dan baterai jadi boros.

Baca juga: Cara Mudah Cek Kondisi Baterai di Android dan iPhone

Edward menilai apabila asumsi tersebut bisa ada karena banyak orang yang mengasosiasikan cara kerja pengelolaan aplikasi iPhone, sama dengan perangkat lain, misalnya komputer atau laptop berbasis sistem operasi Windows.

Aplikasi yang tidak ditutup di laptop Windows akan tetap menggunakan RAM (Random Access Memory). RAM sendiri merupakan tempat penyimpanan data sementara untuk menjalankan aplikasi.

Baca juga: RAM atau Chipset, Mana yang Lebih Penting Saat Memilih Smartphone?

RAM bekerja tentu membutuhkan daya. Apabila RAM dibiarkan bekerja terus dengan tidak menutup aplikasi maka daya cepat akan berkurang. Cara kerja konvensional semacam ini kerap diadopsi untuk menilai cara kerja pengelolaan aplikasi iPhone.

Sehingga, menutup aplikasi iPhone dianggap dapat membuat baterai lebih hemat karena RAM tidak dibiarkan bekerja. Edward mengatakan bahwa iPhone memiliki cara kerja pengelolaan aplikasi tersendiri.

Atau dengan kata lain, cara kerja pengelolaan aplikasi konvensional tidak sama dengan yang ada di iPhone. Edward menjelaskan, RAM iPhone akan otomatis berhenti memproses aplikasi yang ada di latar belakang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.