Kompas.com - 17/05/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Apple meluncurkan pembaruan sistem operasi (OS) iOS dalam versi 15.5 dan iPadOS 15.5. Pembaruan ini merupakan kelima kalinya setelah iOS dan iPadOS 15 dirilis perdana pada September 2021.

Pembaruan iOS 15.5 dan iPadOS 15.5 hadir dengan beberapa peningkatan dan perbaikan bug. Peningkatan fiturnya terbilang minim dibanding pembaruan sebelumnya, namun tetap dilengkapi fitur yang berguna.

Beberapa peningkatan fitur yang dibawa termasuk pembaruan kartu Apple Cash pada aplikasi Wallet. Jadi, pelanggan Apple Cash bisa mengirim maupun meminta uang dari kartu Apple Cash.

Baca juga: 15 Fitur Baru iOS 15 untuk iPhone

Pembaruan lainnya yaitu pada aplikasi Podcast yang dilengkapi pengaturan baru. Pengaturan ini memungkinkan pengguna Podcast membatasi jumlah episode yang disimpan di perangkat.

Selain itu, pengaturan tersebut juga menawarkan opsi hapus otomatis untuk episode yang sudah lawas.

Melalui pembaruan ini pula Apple mengatasi masalah otomatisasi kendali perangkat rumah pintar akibat mobilitas pengguna yang datang dan pergi.

Adapun dalam hal keamanan, Apple menghadirkan lebih adari 25 perbaikan keamanan dalam pembaruan iOS 15.5 maupun iPadOS 15.5.

Baca juga: Bug iOS 15 Bikin iPhone Rekam Percakapan Pengguna dengan Siri

Pembaruan ini sudah dapat diunduh  oleh pengguna iPhone atau iPad yang mendukung iOS 15 melalui menu "Settings"/Pengaturan di masing-masing perangkat.

Untuk memeriksa apakah Anda sudah kebagian pembaruan ini, buka menu Settings > General > Software Update.

Dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Selasa (17/5/2022), pembaruan ini kemungkinan menjadi pembaruan terakhir untuk iOS dan iPadOS 15.

Sebab, Apple sudah mengembangkan iOS 16 yang diperkirakan bakal rilis pada 6 Juni mendatang dalam konferensi pengembang tahunan Apple atau disebut Worldwide Developers Conference (WWDC).

Baca juga: Ajang Kumpul Developer Apple WWDC 2022 Digelar Online, Ini Tanggalnya

iPhone dan iPad yang mendukung iOS 15.5 dan iPadOS 15.5

iOS merupakan sistem operasi buatan Apple untuk iPhone, sedangkan iPadOS ditujukan untuk tablet iPad. Sayangnya tidak semua iPhone maupun iPad kebagian pembaruan OS terbaru seperti pembaruan yang dibagikan Apple kali ini.

Menurut situs Apple, iPhone dan iPad yang mendukung pembaruan iOS 15.5 dan iPadOS 15.5 meliputi:

  • iPhone 6s atau iPhone yang lebih baru
  • iPad pro (semua model)
  • iPad Air 2 dan iPad Air yang lebih baru
  • iPad generasi 5 atau lebih baru
  • iPad Mini 4 dan yang lebih baru
  • iPod Touch gen 7

Baca juga: Daftar iPhone yang Dapat iOS 15 dan iPad yang Kebagian iPadOS 15

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber MacRumors
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.