Ketika Proyek Kripto Facebook Layu Sebelum Berkembang...

Kompas.com - 05/07/2022, 14:32 WIB

KOMPAS.com - Sejak tahun 2019, Meta Platforms Inc. (dulu Facebook Inc.) berambisi untuk melebarkan sayapnya ke bisnis mata uang kripto (cryptocurrency).

Selama 4 tahun terakhir, Meta berencana meluncurkan uang virtual "Diem" dan dompet digital "Novi" bikinannya sendiri. Keduanya merupakan hasil rebranding dari mata uang "Libra" dan dompet digital "Calibra".

Nah, pada 2022 ini, ambisi itu dipastikan kandas di tengah jalan. Proyek Diem dan Novi pun akan berakhir sebelum benar-benar diluncurkan dan berkembang.

Baca juga: Diem, Nama Baru Uang Virtual Facebook

Musababnya, dompet digital Novi dikonfirmasi akan tutup dalam waktu dekat. Pada awal 2022 lalu, mata uang virtual Diem juga dikabarkan akan segera berakhir lantaran tak kunjung mendapatkan restu dari regulator.

Dompet digital Novi tutup 1 September

dompet digital bikinan Meta, Novi, ditutup 1 September 2022.Meta dompet digital bikinan Meta, Novi, ditutup 1 September 2022.
Novi adalah dompet digital yang merupakan hasil rebranding "Calibra" pada 2020. Novi berada di bawah unit Fintech Meta dan baru diluncurkan pada Oktober 2021 lalu.

Selain dalam versi aplikasi, pada Desember 2021, WhatsApp menyertakan dompet digital Novi ke dalam aplikasinya.

Dengan begitu, sebagian kecil pengguna WhatsApp bisa mengirim dan menerima uang kripto secara langsung tanpa keluar dari aplikasi. Saat ini, Novi baru mendukung stablecoin USDP.

Meski sudah diluncurkan, Novi masih dalam tahap percontohan (pilot project) di Amerika Serikat dan Guatemala. Jadi, Novi baru tersedia untuk sebagian kecil pengguna di kedua negara itu

Baca juga: Facebook Luncurkan Mata Uang Kripto Libra

Nah, kini, melalui situs resminya, proyek percontohan Novi, baik dalam versi aplikasi maupun fitur di WhatsApp, dipastikan akan ditutup pada 1 September 2022. Lalu per 21 Juli 2022, pengguna juga tidak dapat lagi menambahkan uang ke akun Novi miliknya.

Setelah ditutup, pengguna tidak dapat login dan mengakses akun Novi lagi. Untuk itu, pengguna diimbau untuk segera menarik uangnya sesegera mungkin.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.