Oppo ColorOS 13 Resmi Meluncur, Ini Fitur Barunya

Kompas.com - 19/08/2022, 11:44 WIB

KOMPAS.com - Oppo resmi mengumumkan antarmuka (user interface/UI) terbarunya, ColorOS 13. Antarmuka ColorOS 13 yang berbasis sistem operasi Android ini bakal hadir di sekitar 60 perangkat Oppo hingga semester pertama 2023 mendatang.

Software antarmuka ColorOS 13 ini juga merupakan suksesor dari ColorOS 12 yang dirilis Oppo pada September 2021 lalu. Sebagai penerus, ColorOS 13 membawa sejumlah pembaruan, baik dari aspek fitur dan desainnya.

Desain membulat, ada playback musik di Control Center

ColorOS 13 kali ini membawa desain "Aquamorphic", yang menghadirkan antarmuka dan widget dengan sudut-sudut yang lebih membulat.

Oppo juga mengintegrasikan bahasa desain UI Google, Material You, ke ColorOS 13. Dengan begitu, palet warna dari Android diintegrasikan ke antarmuka internal Oppo.

Baca juga: Penampakan Awal Android 13 Beserta Fitur Barunya

Salah satu perubahan desain yang paling kentara terdapat pada Control Center ketika pengguna mengusap layar ke bawah.

Di ColorOS 12, pengguna biasanya hanya akan menemukan sejumlah ikon pengaturan, seperti pengaturan WiFi, Bluetooth, Location, Dark Mode, Mobile Data, dan lainnya.

Tampilan Control Center baru di ColorOS 13.XDADevelopers Tampilan Control Center baru di ColorOS 13.
Kini, Oppo merombak tampilan Control Center itu pada ColorOS 13, dengan menampilkan tiga pengaturan utama di bagian atas.

Ketiganya adalah kontrol pengaturan untuk WiFi, Bluetooth, dan pemutar musik, seperti gambar di samping.

Dengan kontrol WiFi dan Bluetooth yang baru di ColorOS 13, pengguna bisa menghubungkan ponsel ke WiFi dan Bluetooth melalui sebuah pop-up, tidak perlu lagi membuka halaman pengaturan utama WiFi/Bluetooth secara keseluruhan.

Tampilan Control Center baru pada ColorOS 13 ini akan semakin memudahkan pengguna ketika ingin menghubungkan ponsel ke WiFi atau Bluetooth.

Baca juga: Beda Spesifikasi Oppo Reno 8 5G dan Reno 8 4G, Selisih Harga Rp 3 Juta

Selain itu, ColorOS 13 juga memiliki ikon pemutar musik khusus di Control Center, sehingga pengguna bisa mengontrol musik (memainkan, menjeda, beralih ke musik selanjutnya, kembali ke musik sebelumnya) dengan lebih cepat.

ColorOS 13 juga menawarkan efek interaksi yang lebih lembut, lebih alami, dan realistis.

Kemampuan ini didukung oleh teknologi Quantum Animation Engine yang diperbarui sehingga dapat memberikan umpan balik yang tepat saat pengguna berinteraksi dengan ColorOS 13.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.