Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Tertipu

Kompas.com - 08/01/2023, 17:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Laptop bekas bisa menjadi opsi yang tepat ketika pengguna membutuhkan sebuah laptop dengan budget miring. Anda bisa mendapatkan sebuah laptop dan membayar biaya yang tidak setinggi laptop baru pada umumnya.

Akan tetapi, membeli laptop bekas membutuhkan kehati-hatian ekstra. Pasalnya, akan lebih banyak risiko yang akan dihadapi dibandingkan mendapatkan laptop yang benar-benar baru.

Oleh karena itu, pengguna harus melakukan sejumlah pemeriksaan sebelum menyetujui pembelian laptop bekas dengan mitra Anda. Simak beberapa hal yang telah dirangkum oleh KompasTekno sebelum memutuskan membeli laptop bekas.

Tips beli laptop bekas

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Laptop Hang

1. Pilih penjual yang aman

Meskipun harga laptop bekas atau laptop second relatif miring, akan tetapi pembelian ini melibatkan uang yang tidak sedikit. Maka dari itu pastikan untuk memilih penjual yang aman dan terpercaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih jika membeli melalui online.

Untuk mendapatkan pembelian yang aman, pengguna bisa mencoba membeli melalui layanan pihak ketiga e-commerce yang ada. Mengingat Anda bisa mengajukan retur atau komplain jika barang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditampilkan.

2. Cek review dan spesifikasi laptop yang diinginkan

Selain itu sebelum membeli laptop second, cek dulu ulasan pelanggan dan spesifikasi laptop yang diinginkan. Tingkat kepuasan pelanggan bisa menjadi ukuran yang mengarahkan Anda pada satu keputusan pembelian barang tersebut.

Anda bisa mencari review laptop yang diincar dari berbagai sumber, salah satunya di YouTube KompasTekno. KompasTekno sempat membahas sejumlah laptop, seperti Laptop 2-in-1 Lenovo Yoga 7i (16IAH7) berikut.

Pemeriksaan spesifikasi laptop juga menjadi hal yang tidak boleh ketinggalan. Dengan memeriksa spesifikasi yang dilampirkan, Anda bisa mengukur berapa persen tingkat kesehatan laptop yang akan dibeli.

3. Periksa kondisi bodi laptop

Jika dilihat secara sekilas, kebanyakan laptop akan terlihat baik-baik saja tanpa retakan. Maka dari itu, pengguna harus benar-benar teliti memeriksa badan laptop. Apakah ada bingkai yang lepas, apakah ada retakan, atau ada tanda-tanda benturan.

Setelah dari bingkai, cobalah untuk memeriksa bagian bawah badan laptop. Barangkali ada sekrup yang hilang, engsel yang longgar, kipas yang tidak berfungsi, atau ada ketidakteraturan lainnya.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Laptop Lemot saat Mengisi Daya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.