Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Lebih Dekat Huawei Watch Fit 3, Arloji Pintar Stylish Mirip Apple Watch

Kompas.com - 14/05/2024, 10:40 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Huawei resmi meluncurkan arloji pintar (smartwatch) terbarunya, Huawei Watch Fit 3 di Malaysia pada Senin (13/5/2024). Huawei Watch Fit 3 juga akan hadir di Indonesia pada 21 Mei 2024.

Jurnalis KompasTekno Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy berkesempatan untuk hadir dalam acara Huawei Innovative Product Launch di Kuala Lumpur Convention Centre dan mencoba berbagai gadget terbaru Huawei, termasuk smartwatch Huawei Watch Fit 3.

Kami menjajal Huawei Watch Fit 3 dengan tali kulit dalam varian warna putih. Adapun varian tali yang bakal hadir di Indonesia adalah tali nilon (abu-abu), dan tali fluoroelastomer (hijau, putih, merah muda, dan hitam).

Warna smartwatch yang tersedia di Tanah Air adalah Silver (abu-abu, hijau, putih), Pink (merah jambu), dan Tarnish (hitam). Berikut kesan pertama kami mencoba smartwatch Huawei Watch Fit 3.

Desain mirip Apple Watch

Huawei Watch Fit 3 membawa desain mirip Apple Watch. Terdapat rotating crown dan tombol di sebelah kanan arloji pintar.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Huawei Watch Fit 3 membawa desain mirip Apple Watch. Terdapat rotating crown dan tombol di sebelah kanan arloji pintar.
Huawei Watch Fit 3 mengusung bodi dan layar berbentuk persegi seperti arloji pintar Apple Watch. Ini berbeda dari Huawei Watch Fit 2 yang dirancang dengan desain persegi panjang.

Baca juga: Arloji Pintar Huawei Watch Fit 3 Meluncur di Asia, Harga Rp 2 Jutaan

Di sebelah kanan bodi, terdapat sebuah panel yang bisa diputar (rotating crown), tombol navigasi, dan satu lubang mikrofon yang diletakkan secara berurutan.

Sementara itu, sisi kiri arloji pintar dilengkapi dengan dua lubang speaker. Adapun di bagian bawah smartwatch ini dilengkapi sensor pengukur detak jantung, sensor pengukuran inersia (IMU), dan lain-lain.

Huawei mengatakan, ini pertama kalinya crown premium Huawei diboyong ke smartwatch Huawei yang punya desain persegi. Sebelumnya crown premium ini hanya tersedia di smartwatch dengan desain lingkaran.

Adapun tombol crown di Huawei Watch Fit 3 digunakan untuk memperbesar (zoom in) atau memperkecil (zoom out) layar home screen smartwatch, menggulir (swipe) ke atas dan bawah saat menelusuri daftar aplikasi, serta berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Tombol di bawah crown berfungsi untuk membuka aplikasi yang sudah ditentukan (preset), dan untuk mengaktifkan asisten suara.

Impresi kami, tombol crown ini dapat diputar dengan mudah alias tidak keras. Dengan begitu, kami bisa melakukan berbagai aktivitas seperti swipe daftar aplikasi dengan mudah.

Secara ukuran, Huawei Watch Fit 3 terbilang ringkas dengan dimensi 43,2 x 36,3 x 9,9 mm dan bobot 26 gram (tanpa tali/strap). Sebagai perbandingan, Huawei Watch Fit 3 Classic Edition berbobot 30 gram tanpa tali.

Bagian kiri smartwatch Huawei Watch Fit 3KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Bagian kiri smartwatch Huawei Watch Fit 3
Menurut pengalaman kami, smartwatch ini ringan dan tidak membebani lengan ketika digunakan. Diameter lengan kami kisaran 120-190 mm dan smartwatch ini tidak membuat lengan kami (laki-laki) sesak.

Jika diperlukan, kami bisa mengatur ukuran atau tingkat kesempitan itu dengan memanfaatkan 11 lubang yang terletak di strap smartwatch.

Strap bisa dilepas pasang dengan menekan tombol QuickLink yang terdapat di bawah tali. Kami sendiri hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 detik untuk melepas tali Huawei Watch Fit 3.

Bagian belakang Huawei Watch Fit 3. Strap-nya memiliki 11 lubang sehingga mempermudah pengguna apabila terasa kesempitan saat memakai smartwatch.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Bagian belakang Huawei Watch Fit 3. Strap-nya memiliki 11 lubang sehingga mempermudah pengguna apabila terasa kesempitan saat memakai smartwatch.

Huawei Watch Fit 3 ini terasa kokoh dan tak mudah rusak berkat penggunaan material paduan aluminium. Arloji pintar ini dilengkapi sertifikasi tahan air dengan rating 5 ATM, sehingga pengguna tidak perlu takut apabila terkena percikan air.

Bicara soal daya tahan, Huawei Watch Fit 3 ini juga sudah dites dalam beberapa uji coba, yakni tes jatuh, tes rol, tes beban keras, tes siklus suhu, tes ketahanan air, dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai pengujian ini, Huawei Watch Fit 3 disebut cocok untuk dibawa untuk beraktivitas di luar rumah dan untuk berolahraga.

Baca juga: Black Shark Umumkan Smartwatch Tangguh GS3, Punya Bodi Metalik dan Kokoh

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com