Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Topologi Jaringan Komputer dan Cara Kerjanya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 09/06/2024, 02:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa hal dasar tentang topologi jaringan komputer, terutama ketika belajar soal jaringan komputer. Salah satunya seperti fungsi topologi jaringan komputer dan cara kerjanya.

Untuk diketahui, jaringan komputer merupakan sistem yang menghubungkan beberapa komputer dengan perangkat lain untuk bisa saling transfer data, berkomunikasi, dan berbagi sumber daya.

Baca juga: Topologi Star: Pengertian, Fungsi, Karakteristik, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya

Agar tiap komputer bisa saling berkomunikasi, jaringan komputer ditopang dengan topologi jaringan. Topologi jaringan menjadi bagian penting dalam jaringan komputer. Oleh karena itu, fungsi topologi jaringan komputer dan cara kerjanya perlu diketahui.

Lantas, apa fungsi topologi jaringan komputer? Jika tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai fungsi topologi jaringan komputer.

Pengertian topologi jaringan komputer

Sebelum mengetahui fungsinya, ada baiknya pengguna memahami dulu apa itu topologi jaringan komputer. Sebab, pengertian topologi jaringan komputer mengandung beberapa istilah yang berguna untuk memahami fungsinya nanti.

Lantas, apa itu topologi jaringan komputer? Topologi jaringan komputer adalah metode, cara, atau teknologi untuk menghubungkan beberapa komputer dalam satu jaringan.

Sebagai sebuah cara atau metode, topologi jaringan memiliki pengaturan fisik dan logis untuk menghubungkan komputer.

Secara spesifik, pengaturan fisik dan logis dalam topologi jaringan itu ditujukan untuk dapat menghubungkan node dan koneksi yang akhirnya membentuk jaringan komputer.

Untuk diketahui, node adalah perangkat keras untuk menerima, meneruskan, dan menyebarkan data. Node biasanya mencakup perangkat seperti komputer, switch, router, dan lainnya.

Sementara itu, koneksi merupakan sambungan antar node sehingga bisa saling terhubung satu sama lain menjadi sebuah jaringan komputer. Topologi jaringan sering digambarkan sebagai sebuah grafik rancangan.

Dikutip dari TechTarget, topologi jaringan menggambarkan rancangan pengaturan jaringan dan lokasi dari hubungan lalu lintas komunikasi antar perangkat yang akan dibuat.

Teknisi dapat menggunakan grafik rancangan topologi jaringan untuk menentukan penempatan terbaik dari setiap node dan jalur koneksi yang paling optimal untuk aliran lalu lintas komunikasi antar node.

Dengan topologi jaringan yang terdefinisi dan terencana dengan baik, kesalahan dan cara memperbaiki jaringan komputer akan lebih mudah ditemukan, sehingga meningkatkan efisiensi transfer data, komunikasi, dan berbagi sumber daya.

Itulah penjelasan mengenai pengertian jaringan komputer. Sebagaimana sempat disinggung di atas, topologi jaringan komputer punya fungsi penting bagi jaringan komputer. Untuk penjelasan fungsi jaringan komputer, silakan baca lebih lanjut di bawah ini.

Fungsi topologi jaringan komputer

Secara umum, fungsi topologi jaringan komputer adalah untuk memudahkan dalam membangun dan merancang jaringan komputer. Selain itu, ada beberapa fungsi topologi jaringan komputer lain yang perlu diketahui.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com