Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fitur iOS 18 yang Ditiru Apple dari Android

Kompas.com - 12/06/2024, 11:16 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sistem operasi teranyar untuk iPhone, iOS 18, resmi diperkenalkan dalam ajang Worldwide Developers Conferences (WWDC) 2024, Selasa (11/6/2024) dini hari waktu Indonesia. iOS 18 baru ini datang dengan sejumlah peningkatan dan fitur baru.

Meski "baru" bagi pengguna iPhone, ada sejumlah fitur yang ternyata sudah lama hadir di Android. Setidaknya ada lima fitur baru di iOS 18 yang ditiru Apple dari Android.

Kelima fitur yang “dicontek” Apple ini terdiri dari kustomisasi tampilan Home Screen dan Lock Screen, merekam panggilan suara, menyembunyikan aplikasi, kehadiran Game Mode, hingga memghapus objek lewat aplikasi galeri.

Lantas, bagaimana cara kerja dari fitur-fitur di atas dan apa saja kesamaan fitur iOS 18 dengan Android? Simak penjelasannya berikut ini.

Kustomisasi Home Screen dan Lock Screen

Fitur baru di iOS 18, bisa kustomisasi tampilan Home Screen dan Lock ScreenMobile Syrup Fitur baru di iOS 18, bisa kustomisasi tampilan Home Screen dan Lock Screen

Untuk pertama kalinya, pengguna iPhone bisa mengotak-atik tampilan Home Screen-nya sesuka hati di iOS 18. Pengguna bisa menempatkan beberapa ikon aplikasi di mana saja di Home Screen. Jadi, penempatan ikon aplikasi ini bisa per ikon atau beberapa ikon sekaligus.

Baca juga: Cara Update iOS 18 Beta 1 di iPhone dengan Mudah dan Praktis

Sebelumnya, sistem secara otomatis mengatur tata letak ikon aplikasi sehingga tidak ada celah antara aplikasi. Smartphone Android sudah lebih dulu memiliki kemampuan kustomisasi ini.

Ikon aplikasi di iOS 18 juga memiliki mode gelap. Dengan mode ini, warna ikon bakal berubah lebih redup. Elemen warnanya akan didominasi warna gelap. Apple juga turut menyuguhkan kemampuan mengubah warna ikon, supaya bisa lebih senada dengan wallpaper ponsel.

Jadi, kehadiran fitur ini tidak sepenuhnya sama dengan Androis karena ada sedikit perbedaan, seperti kemampuan mengkustomisasi warna ikon-ikon di aplikasi.

Fitur perekam panggilan suara

Di iOS 18, pengguna iPhone bakalan bisa merekam panggilan suara native callMobile Syrup Di iOS 18, pengguna iPhone bakalan bisa merekam panggilan suara native call

Kemampuan merekam suara di iOS 18 sejatinya juga sudah lebih dulu dimiliki HP Android. Google sudah memperkenalkan fitur merekam suara di Google Pixel pada 2021. Kini, fitur tersebut juga hadir di iOS 18.

Namun, Apple mengungkapkan bahwa pengguna tidak hanya dapat merekam panggilan saja, tetapi juga mampu membuat transkrip secara real-time (langsung) saat melakukan panggilan suara.

Dukungan bahasa yang tersedia saat ini, yakni Inggris, Spanyol, Perancis, Jerman, Jepang, Mandarin (China), Kanton, dan Portugis.

Sistem juga akan memberitahu penerima telepon, jika percakapan yang dilakukan sedang direkam. Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mobile Syrup, Rabu (12/6/2024), Google sempat mengalami masalah soal fitur rekam panggilan suara ini.

Mungkin, agar tidak bentrok dengan undang-undang di negara setempat, Apple menyiasatinya dengan memberitahu penerima telepon soal perekaman suara selama panggilan berlangsung.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com