Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Vendor yang Mendominasi Pasar Smartwatch 2020

Kompas.com - 21/01/2021, 18:10 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tiga produsen jam tangan pintar (smartwatch) yakni Apple, Huawei, dan Samsung mendominasi pasar smartwatch global pada 2020.

Menurut laporan firma riset Counterpoint, ketiga perusahaan ini menguasai tiga besar sepanjang kuartal pertama (Q1) 2020 hingga kuartal tiga (Q3) 2020.

Dari ketiga vendor yang mendominasi pasar smarwatch, Apple masih konsisten tampil sebagai pemimpin.

Sejak kuartal kuartal pertama hingga kedua 2020, Apple menguasai 30 persen pangsa pasar smartwatch global. Angka ini meningkat dari periode yang sama tahun sebelumnya (2019).

Sedangkan di kuartal tiga (Q3) 2020, pangsa pasar perusahaan asal Amerika Serikat itu turun sedikit ke angka 28 persen.

Baca juga: Riset: Smartwatch Bisa Bantu Deteksi Dini Covid-19

“Apple terus mendominasi pasar jam tangan pintar baik dalam segi volume maupun nilai. Ini salah satunya karena adanya permintaan yang kuat untuk Apple Watch 5," kata Analis Senior Counterpoint, Sujeong Lim.

Vendor yang mendominasi pangsa pasar jam tangan pintar selanjutnya adalah Huawei. Huawei konsisten berada di peringkat kedua sepanjang tiga kuartal 2020, membuntuti Apple. 

Pabrikan China ini mengalami pertumbuhan pangsa pasar selama tiga kuartal berturut. Pada kuartal pertama 2020, Huawei meraup pangsa pasar smartwatch sebesar 12 persen. Kemudian pada kuartal kedua 14 persen, dan kuartal ketiga 15 persen.

Pertumbuhan ini bisa dibilang signifikan dibandingkan 2019. Pada tahun sebelumnya, pangsa pasar Huawei selama tiga kuartal tidak lebih dari 10 persen.

Samsung juga ikut mendominasi pangsa pasar jam tangan pintar di posisi tiga besar. Secara peringkat, Samsung berada di bawah Huawei atau di posisi ketiga.

Pangsa pasar smartwatch Q1-Q3 2020.Counterpoint Pangsa pasar smartwatch Q1-Q3 2020.

Baca juga: Smartwatch Amazfit GTR 2e dan GTS 2e Resmi Masuk Indonesia

Kuartal pertama 2020, pabrikan asal Korea Selatan ini menguasai 9 persen pasar smartwatch global sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Counterpoint Research, Kamis (21/1/2021).

Namun pada kuartal kedua, pangsa pasar Samsung menurun ke angka 7 persen. Namun, pada kuartal ketiga 2020, market share Samsung kembali terdongkrak menjadi 10 persen setelah merilis Galaxy Watch 3.

"Samsung mengalami stagnasi pada Semester 1 2020. Karena menarik lebih sedikit konsumen premium dibandingkan Apple, permintaan melemah selama pandemi," ungkap Sujeong.

"Dalam hal pendapatan, Samsung tumbuh 59 persen dari tahun ke tahun dan mengharapkan momentum pertumbuhan yang lebih baik sekarang,” pungkas Sujeong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com