Update Fitur Pesan Sementara WhatsApp, Lebih Mudah, Cepat, Sekaligus Lama

Kompas.com - 07/12/2021, 08:01 WIB
ilustrasi aplikasi WhatsApp businessinsider.comilustrasi aplikasi WhatsApp

KOMPAS.com - WhatsApp kembali disambangi fitur baru. Kali ini, platform pesan instan itu sedikit merombak fitur pesan sementara, alias Disappearing Messages.

Dalam pembaruan ini, fitur Disappearing Messages kini bisa diaktifkan ke seluruh percakapan. Sebelumnya, fitur tersebut hanya bisa diaktifkan atau dinonaktifkan untuk masing-masing percakapan saja, misalnya percakapan pribadi atau grup (bagi pengguna yang menjadi admin).

Tentu saja, hal itu memudahkan pengguna karena tidak harus mengaktifkannya secara manual di masing-masing kontak atau grup.

Baca juga: Fitur Pesan Sementara WhatsApp Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Pembaruan fitur Disappearing Messages ini diumumkan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg melalui sebuah unggahan di platform Facebook.

"Hari ini, kami mulai menggelontorkan opsi menyalakan fitur pesan sementara (Disappearing Messages) untuk semua chat secara default di menu pengaturan," kata Zuckerberg dalam sebuah postingan, dikutip KompasTekno dari Facebook, Selasa (7/12/2021).

Di dalam menu pengaturan WhatsApp, fitur untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pesan sementara sendiri akan muncul di menu "Settings" > "Account" > "Privacy" > dan "Default Messages timer".

Selain mengaktifkan pesan sementara secara default ke seluruh chat, WhatsApp juga menghadirkan durasi baru untuk fitur Disappearing Messages tersebut.

Apabila sebelumnya hanya terbatas dalam durasi 7 hari, kini WhatsApp menghadirkan opsi tambahan untuk menghapus pesan secara otomatis lebih cepat, yakni dalam waktu 24 jam dan menghapus pesan secara otomatis lebih lama, yakni hingga 90 hari.

Baca juga: WhatsApp Rilis Fitur Pesan Sementara, Hilang Otomatis 7 Hari

Opsi durasi baru ini sendiri bisa ditemukan dengan dua cara. Pertama, lewat menu setting untuk mengaktifkan atau menyalakan fitur pesan sementara tadi, lalu kedua adalah lewat menu pengaturan di masing-masing percakapan pribadi atau grup.

Ilustrasi fitur Dissapearing Mesage di WhatsApp yang bisa diatur di menu pengaturan.WhatsApp Ilustrasi fitur Dissapearing Mesage di WhatsApp yang bisa diatur di menu pengaturan.

Hal-hal yang perlu diketahui seputar Dissapearing Messages

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Facebook
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.